Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli

Kita tidak dapat mengabaikan kegiatan menulis di dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang kita harus menulis hal-hal yang tidak terlalu penting saat merasa bosan, seperti menulis alamat, info pribadi, mata pelajaran, dan lain-lain.

Tapi apa sebenarnya arti menulis? Mari kita membahas tentang bagaimana para ahli mengartikan menulis di bawah.

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

Jika kita ingin mempelajari lebih lanjut tentang sesuatu, bertanya kepada para ahli secara langsung, serta mempelajari pengertian menulis akan sangat bermanfaat. Berikut adalah beberapa pengertian menulis menurut para ahli:

1. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Hargrove dan Pottet

Pengertian menulis awalnya dikemukakan oleh Hargrove dan Pottet dan diterbitkan di Abdurahman. Mereka mengartikan menulis adalah upaya untuk mengekspresikan pikiran, ide, dan perasaan melalui simbol. Simbol yang dimaksud di sini adalah simbol untuk sistem yang mewakili bahasa tertulis.

2. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut The Liang Gie

Liang Gie mendefinisikan menulis sebagai kemampuan yang menggabungkan berbagai komponen penulisan penting. Oleh karena itu, itu membutuhkan lebih dari sekadar memberikan ide, tetapi juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti meninjau dalam hal suara, wahana dan aransemen. Tentu saja saat menulis tidak hanya sekadar menulis saja, tetapi ada juga seni merangkai tulisan atau sejenisnya agar ejaan yang digunakan benar.

3. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Nurjamal Dalam Sumirat Dan Darwis

Menulis adalah keterampilan berbahasa yang mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengkomunikasikan ide, emosi, dan pikirannya kepada individu atau pihak lain melalui penggunaan media tertulis.

4. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Suyitno

Sebagaimana didefinisikan oleh Suyitno, menulis dapat dilihat sebagai upaya yang dilakukan oleh penulis untuk mengkomunikasikan pemikiran, pengetahuan, ide, dan pengalaman hidup dari si penulis melalui media bahasa tertulis. Penulis harus mampu menulis dengan cara yang kohesif, enak dibaca, ekspresif, dan dapat dipahami oleh pembaca.

5. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Las HS

Menurut Lasa HS, menulis itu semudah berbicara. Ia menekankan bahwa menulis sederhana dan mudah. Ini sesederhana seperti kita berkomunikasi setiap hari.

Selain itu, Lasa HS menekankan bahwa dunia menulis bukanlah kegiatan yang sulit. Ia memberikan saran kepada penulis tentang bagaimana membuat proses penyampaian ide-ide mereka agar lebih sederhana dan lancar. Penulis harus memiliki kemampuan analisis yang kuat, tingkat kuantitas dan kualitas yang tinggi dalam membaca, dan pemahaman tentang tulisan, sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami apa yang disampaikan penulis.

6. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Abdurrahman Dan Sumarmo Markam

Berbeda dengan sudut pandang Abdurrahman, menulis merupakan salah satu metode sistem komunikasi. Hakikat menulis adalah kemampuan untuk mengartikulasikan ide, emosi, dan pengalaman seseorang dengan cara yang dapat direpresentasikan secara bahasa grafis sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

7. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Hernowo

Menurut Hernowo, ada beberapa persyaratan menulis. Pertama, memiliki kesatuan gagasan, kedua, menggunakan kalimat yang jelas, tidak menggunakan kalimat yang ambigu. Syarat penulisan yang ketiga, dibuat dalam paragraf yang baik. Keempat, terapkan aturan ejaan yang benar. Kelima, gunakan kosakata yang memadai. Dari kalimat conditional, Anda harus memahami dan menguasainya jika ingin menjadi penulis.

Hernowo menekankan bahwa menulis memiliki sejumlah kebutuhan yaitu memiliki pemikiran kohesif, kalimatnya sederhana dan tidak ambigu, struktur paragraf yang baik, mengikuti konvensi ejaan yang benar, dan menggunakan kosakata yang sesuai.

Post Tags :

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *